detail news
Education
10-13-2023

Literasi Media di SDN Ciheuleut 1 dan SDN Ciheuleut 2

Kegiatan penyuluhan ini diikuti oleh murid dari kelas 1 hingga kelas 6 SD, penyuluhan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi untuk anak kelas 1 sampai 3 dan untuk anak kelas 4 sampai 6. Kegiatan diawali dengan penampilan pencak silat dari para siswa sekolah. Selain kegiatan penyuluhan, diadakan juga kegiatan Mobil Weli atau Mobil Wahana Edukasi Keliling/Mobil Perpustaakaan yang di pandu oleh Kak Ratih agar anak-anak dapat membaca buku-buku, menonton, dan lain-lain. 

Kepsek SDN Ciheuleut 1, Bapak Gunawan, dan Kepsek Ciheuleut 2, Bapak Puji Sugiarto, sebagai perwakilan dari pihak sekolah mengucapkan terima kasih atas kegiatan penyuluhan ini karena sangat bermanfaat untuk menunjang akreditasi, membangkitkan minat baca, membentuk karakter anak yang baik serta agar anak dapat bijak dalam menggunakan teknologi dan media sosial, karena sebagian besar siswa SD sudah mempunyai akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dan sebagainya yang tentu akan membuat anak-anak menjadi sangat riskan dengan paparan yang negatif terhadap tumbuh kembangnya apabila tidak dibimbing, dibina, dan diawasi dengan bijak.

Penyuluhan tetap difokuskan pada tema gemar membaca dan bijak menggunakan media sosial yang dipandu oleh Kak Ningnong/Bu Ning dan Kak Sisca dengan menekankan agar anak-anak paham untuk bijak dalam menggunakan media sosial dan harus terus membiasakan membaca untuk anak-anak karena generasi genZ adalah generasi visual. Membaca itu seperti olah raga untuk otak dan kegiatan membaca dapat menambah kreatifitas dan pengetahuan sang anak.

Diberikan juga materi lain mengenai pemahaman simbol dan tanda tanda tontonan, batasan umur, larangan, serta simbol lainnya yang terdapat di media sosial agar anak memahami aturan untuk menemukan tontonan yang cocok untuk usianya.

Perwakilan siswa dari SDN Ciheuleut 2, Muhammad Riski Permana, dan Siswi SDN Ciheuleut 1, Nazwa Azahra, mengungkapkan keseruan dan kegembiraan yang mereka dapatkan, serta mereka juga menambah ilmu agar mengenal dan bijak dalam menggunakan media sosial.

 

Berita Lainnya
news
Pendidikan
05-04-2024
Bantuan Laptop untuk SMAN 1 Siberut Selatan
Selengkapnya
news
Pendidikan
27-03-2024
Literasi Media di SMPK Sang Timur Kebon Jeruk
Selengkapnya
news
Pendidikan
05-02-2024
Edukasi Anti Bullying di SDN 03 Pontianak Selatan
Selengkapnya