detail news
Education
09-05-2023

Literasi Media di SDN Lagoa 02

Kegiatan penyuluhan ini diikuti oleh murid-murid dari kelas 1 hingga kelas 6 SD dengan penerima manfaat lebih dari 650 Siswa, penyuluhan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi untuk kelas 1-3 dan sesi untuk kelas 4-6.

Selain itu, ada juga kegiatan di Mobil Weli Wahana Edukasi Keliling atau Mobil Perpustaakaan Keliling yg di pandu oleh Kak Suradi dan beberapa Guru. Anak-anak diajak untuk membaca buku-buku setelah kegiatan Literasi Media di kelas telah selesai.

Bapak Suwondo S.Pd selaku Kepsek SDN 02 mengucapkan terima kasih, atas nama pihak sekolah, kepada YPP Indosiar SCTV dan ATVI untuk kegiatan penyuluhan literasi media yg berguna bagi anak anak disekolahnya agar mereka dapat bijak dalam menggunakan media sosial seperti Facebook, Tiktok, Instagram, dan lain-lain dimana, secara batas usia, siswa SD sebenarnya belum diperbolehkan untuk mempunyai akun media sosial. Namun pada kenyataannya, sebagian besar siswa SD sudah memiliki akun pada media sosial tersebut, yang tentu saja membuat mereka menjadi sangat riskan terhadap paparan negatif bagi tumbuh kembangnya apabila tidak dibimbing, dibina, dan diawasi dengan baik. Perhatian, pengawasan, dan pendampingan oleh orang tua di rumah serta bimbingan dari guru-guru di sekolah memiliki peran yang sangat penting.

Penyuluhan tetap di fokuskan agar anak-anak tetap gemar membaca dan bijak dalam menggunakan media sosial.
Team penyuluhan, Kak Ningnong/Bu Ning dan Kak Oma/Bu Sisca, mengingatkan agar anak anak SD lebih mengerti dan paham dalam menggunakan media sosial dan terus membiasakan kegiatan membaca untuk menambah kreatifitas dan pengetahuan.

Materi lain yang disampaikan juga berupa pemahaman simbol dan tanda-tanda pada tontonan, batasan umur, larangan, serta simbol yang terdapat di media sosial agar anak dapat memahami aturan dalam tontonan yang cocok untuk usianya.

Perwakilan dari murid kelas 6, Adskhan dan Adillah juga turut mengucapkan terima kasih atas penyuluhan literasi media ini karena sangat bermanfaat, menyenangkan dan menambah pengetahuan serta diingatkan dalam penggunaan media sosial.

 

 

Berita Lainnya
news
Pendidikan
05-04-2024
Bantuan Laptop untuk SMAN 1 Siberut Selatan
Selengkapnya
news
Pendidikan
27-03-2024
Literasi Media di SMPK Sang Timur Kebon Jeruk
Selengkapnya
news
Pendidikan
05-02-2024
Edukasi Anti Bullying di SDN 03 Pontianak Selatan
Selengkapnya