detail news
Education
08-23-2023

Literasi Media di SDN 01 dan 03 Serdang, Jakarta Pusat

Lebih dari 700 siswa (Gabungan SDN 01 dan 03) menjadi penerima manfaat dari kegiatan penyuluhan yang diikuti oleh murid dari mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 SD. 

Kegiatan penyuluhan ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi untuk Kelas 1-3 dan untuk Kelas 4-6.

Selain kegiatan penyuluhan, ada juga kegiatan Mobil Weli (Wahana Edukasi Keliling) atau Mobil Perpustaakasn yang di pandu oleh Kak Dian dan Suradi untuk membaca buku, bercerita kembali, serta ada juga aktivitas membaca puisi, menyanyi, bermain games, menari, dan lain-lain. 

Atas nama pihak sekolah, Bu Widhya Ridhowati selaku Wakil Kepala Sekolah SDN 03 dan Bu Ida Handini sebagai Kepala Sekolah SDN 01 di Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, mengucapkan terima kasih atas kegiatan penyuluhan yang sangat bermanfaat terutama agar anak-anak dapat bijak dalam menggunakan media sosial, karena sebagian besar siswa SD sudah mempunyai akun media sosial baik Facebook, Instagram, Tiktok, dan lain-lain, yang tentunya sangat riskan terhadap paparan yang negatif bagi tumbuh kembangnya apabila tidak dibimbing, dibina, dan diawasi dengan baik.

Penyuluhan tetap terfokus pada tema gemar membaca dan bijak menggunakan medsos. Materi penyuluhan diberikan oleh Kak Ningnong/Bu Ning dan Kak Sisca yang menekankan agar anak-anak paham agar bijak dalam menggunakan media sosial dan harus terus membiasakan diri untuk membaca karena "Gen Z" adalah generasi visual. Membaca itu seperti olah raga bagi otak dan membaca dapat menambah kreatifitas dan pengetahuan anak.


Materi lain seperti pemahaman mengenai simbol dan tanda-tanda pada tontonan, batasan umur, larangan, serta simbol media sosial lainnya agar anak dapat mengetahui aturan dalam tontonan yang cocok untuk usianya.

Perwakilan dari siswa dan siswi juga mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang sangat bermanfaat, menyenangkan dan menambah pengetahuan ini.

 

Berita Lainnya
news
Pendidikan
05-04-2024
Bantuan Laptop untuk SMAN 1 Siberut Selatan
Selengkapnya
news
Pendidikan
27-03-2024
Literasi Media di SMPK Sang Timur Kebon Jeruk
Selengkapnya
news
Pendidikan
05-02-2024
Edukasi Anti Bullying di SDN 03 Pontianak Selatan
Selengkapnya