detail news
Disaster Relief
12-05-2020

YPP, AO Care, Perdami Jabar Selenggarakan Operasi Katarak Di Kec. Caringin, Garut, Jawa Barat

YPP SCTV Indosiar bekerjasama dengan Alfa Omega Care (AOC), RS Mata Cicendo, Perdami Jawa Barat didukung oleh Dinkes dan Pemda Kabupaten Garut melaksanakan operasi Katarak bertempat di Puskesmas Sukarame Jl S Parman, Desa Purbayan, Kec Caringin, Garut Selatan. Dikenal sebagai wilayah Ranca Buaya yang berlokasi di pantai selatan Garut, perjalanan dari kota Garut ke lokasi mencapai 5 jam atau sekitar 10 jam berjarak dari Jakarta. Untuk menyingkat waktu, kami memutuskan melalui jalur alternatif via pangalengan melalui jalur pegunungan berkelok-kelok yang rawan longsor agar dapat memotong waktu menjadi 3 jam tiba di lokasi..

Pelaksanaan Baksos dengan tetap mematuhi protab kesehatan selama Pandemi Covid 19, dimana calon pasien di rapid test dahulu pada saat screening awal, menggunakan masker, menjaga jarak, dsbnya. Peminat dan sudah mendaftarkan diri jumlahnya sangat banyak, mereka berdatangan dari pelosok desa dan kecamatan di sekitar lokasi. Karena masa Pandemi Covid 19, jumlah pasien operasi di batasi hanya maksimal 50 orang dan berhasil mengikuti operasi. Pelaksanaan kegiatan Operasi dilakukan mulai jam 08.00 pagi sd siang hari oleh team Medis dr RS Mata Cicendo yang di pimpin oleh Dr Aldiana Halim SpM (K),MSc dengan team sebanyak 13 orang.  Kepala Kecamatan Caringin, Ripan Mulyadi AP, dan rombongan datang berkunjung meninjau pelaksanaan kegiatan baksos ini.

Camat Caringin, Ripan Mulyadi AP mengapreasi bakti sosial yang diselenggarakan YPP, SCTV, Indosiar, AO Care karena telah membantu masyarakat di wilayahnya yang masih banyak mengidap katarak. Sementara itu, Kepala Tim Dokter Mata Cicendo, Dr Aldiana Halim, SpM (K)MSc menyampaikan masih ada sekitar 1,3 jt penderita buta katarak di Indonesia. Karena itu, menurutnya, kegiatan YPP sangat membantu penderita katarak terutama di daerah pedesaan jauh dari pusat kesehatan. "Seorang yang buta katarak, secara sosial dan ekonomi membuat kualitas hidupnya menurun 50% dan membebani produktifitas anggota keluarganya secara keseluruhan," ujar Dr Aldiana Halim. Maka secara tidak langsung, operasi katarak dapat membantu mengentaskan kemiskinan.

Penyelenggaraan operasi katarak ini merupakan wujud dari donasi yang disampaikan oleh pemirsa SCTV, Indosiar, pengguna bukalapak, pengunjung Liputan6.com dan Vidio.com melalui rekening donasi YPP. Donasi anda juga dapat disampaikan melalui aplikasi DOKU   atau menekan tombol DONATE NOW di layar banner website ini.

 

Berita Lainnya
news
Bencana
15-01-2024
Penyerahan Rumah Tahan Gempa Kepada Warga Terdampak Gempa Bumi di Cianjur
Selengkapnya
news
Bencana
19-10-2023
Penyerahan Bantuan Rumah Untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur
Selengkapnya
news
Bencana
19-10-2023
Bantuan Mebeulair Untuk SD yang Terdampak Gempa Cianjur Tahun 2022
Selengkapnya