detail news
Bencana
09-01-2020

RS Hasan Sadikin di Bandung dan RS Polri, Said Soekanto, di Jakarta Menerima Ventilator dan PCR Test Kit

Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) dalam program Emtek Peduli Corona bergerak lebih luas lagi. Selain mendistribusikan Alat Pelindung Diri, Masker Kain, Paket Sembako, pada minggu lalu kami menyerahkan empat buah Ventilator dan sekitar 1800 PCR Tes Kit kepada dua Rumah Sakit di Jakarta dan Bandung.

Ventilator adalah alat bantu pernafasan yang sangat dibutuhkan oleh pasien penderita Covid 19 yang dirawat di berbagai rumah sakit, seperti antara lain kedua rumah sakit tersebut. Sedangkan PCR Test Kit digunakan untuk mengambil sampel lendir dari dalam hidung maupun tenggorokan. Dua area tersebut dipilih karena menjadi tempat virus menggandakan dirinya. Pemeriksaan ini dikenal sebagai Test Swab dan dinilai lebih akurat sebab, virus Corona akan menempel di bagian dalam hidung atau tenggorokan saat masuk ke dalam tubuh manusia. Hasil akhir dari pemeriksaan PCR swab ini nantinya akan benar-benar memperlihatkan keberadaan virus SARS-COV2 di dalam tubuh seseorang sbagaimana kami kutip dari artikel di Website Rumah Sakit EMC, Sentul, Jawa Barat.

Sebanyak dua unit ventilator dan 900 PCR Test Kit diserahkan oleh Ketua Umum Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih, Imam Sudjarwo pada 1 September 2020. Penyerahan perlengkapan tadi diterima oleh Kepala RS Said Soekanto, Brigjen Pol. Dr Asep Hendradiana, di lokasi RS POLRI di Kramat Jati, Jakarta Timur. Pada kesempatan itu Ketua Umum YPP, mengharapkan kedua perlengkapan tadi dapat ikut membantu para tenaga media dalam menangani pasien Covid 19 di RS Said Soekanto.

Di tempat terpisah, pada 4 September 2020, Ketua Pelaksana Peduli Kasih, Dewi Yudho Miranti juga menyerahkan perlengkapan yang sama kepada RS Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat. Direktur Utama RS Hasan Sadikin, dr. R. Nina Susana Dewi, SpPK(K), M.Kes., MMRS, menerima penyerahan perlengkapan tersebut yang pengadaannya berasal dari donasi pemirsa Indosiar, SCTV, Liputan 6.com, Vidio.com dan pengguna Bukalapak.com. Menurut Nina, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi tenaga medis di RSHS, mengingat Rumah Sakit ini merupakan rumah sakit rujukan nasional untuk provinsi Jawa Barat.

 

Berita Lainnya
news
Bencana
15-01-2024
Penyerahan Rumah Tahan Gempa Kepada Warga Terdampak Gempa Bumi di Cianjur
Selengkapnya
news
Bencana
19-10-2023
Bantuan Mebeulair Untuk SD yang Terdampak Gempa Cianjur Tahun 2022
Selengkapnya
news
Bencana
19-10-2023
Penyerahan Bantuan Rumah Untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur
Selengkapnya