detail news
Pendidikan
08-08-2017

Penyuluhan Pola Hidup Sehat & Pergaulan Positif di SDN 01 Tanjung Barat, Jakarta Selatan

Setelah beberapa bulan sebelumnya para murid SDN 01 Tanjung Barat mendapatkan penyuluhan “Media Literacy & Anti-Bullying”, kini giliran “Pola Hidup Sehat & Perilaku Positif” yang menjadi materi penyuluhan YPAPK. Dilaksanakan pada 8, 9, 10 Agustus untuk murid kelas 6, 5 & 4, para murid diajak memahami apa saja yang baik dan tidak baik untuk diri mereka, mulai dari pemilihan makanan, cara agar tetap sehat, cara memilih teman, bersosialisasi, dan mensyukuri anugerah Tuhan.

Pembahasan yang dicakup antara lain:

Pola Hidup Sehat : 
Konsumsi Sehat & Tidak Sehat, Menjaga Kebersihan, Bahaya Narkoba, Mensyukuri Anugerah Tuhan

Perilaku Positif: 
Memilih Teman, Cara Bersosialisasi, Menghargai Diri Sendiri & Orang Lain, Menghindari LGBT

YPAPK menggandeng Pendongeng Anak Kak Resha dalam penyuluhan tersebut. Materi yang disampaikan juga sudah disesuaikan oleh Kak Resha untuk setiap kelasnya, agar anak-anak dapat mencerna dan menyerapnya dengan lebih mudah, sehingga pengetahuan tersebut dapat tertanam cukup dalam dan selalu diingat. Selama penyuluhan, anak-anak juga diajarkan untuk bermusyawarah, berani mengemukakan pendapat dan mengeksplorasi kemampuan mereka. Misalnya bersama-sama menentukan sendiri aturan selama waktu penyuluhan berikut konsekuensinya, sehingga mereka merasa memiliki tanggung-jawab. Bagi murid yang tidak ikut penyuluhan, mereka asyik membaca buku yang dibawa oleh Wahana Edukasi Keliling (WELI) di halaman sekolah.

Diharapkan kegiatan ini semakin memperluas wawasan para murid, dan dapat membantu mereka menjadi manusia yang sehat, sukses, mandiri dan berkarakter.

 

Berita Lainnya
news
Pendidikan
05-04-2024
Bantuan Laptop untuk SMAN 1 Siberut Selatan
Selengkapnya
news
Pendidikan
27-03-2024
Literasi Media di SMPK Sang Timur Kebon Jeruk
Selengkapnya
news
Pendidikan
05-02-2024
Edukasi Anti Bullying di SDN 03 Pontianak Selatan
Selengkapnya