detail news
Kesehatan
11-16-2017

Penyuluhan PHBS dan Praktik Cuci Tangan di MIS AL-Mubasyirin Cilincing, Jakarta Utara

Bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, YPAPK mengadakan Penyuluhan Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan praktik cuci tangan yang benar di MIS Al-Mubasyirin yang terletak di Jl. Kalibaru Barat No. 34, Cilincing, Jakarta Utara, pada 16 November 2017 lalu.

Lokasi yang dekat pelabuhan, dekat pelelangan ikan, sering terkena banjir rob, dan kekurangan air bersih menyebabkan sekolah ini terlihat kumuh. Keterbatasan dana menyebabkan pihak sekolah, hanya dapat merawat sekolah semampu mereka. Namun mereka tetap bersemangat mendidik anak-anak yang sebagian besar berasal dari keluarga tidak mampu, dan 30%nya merupakan anak-anak broken home dan tidak mengenal sosok ayah. Jadi, jangankan soal kebersihan, kasih sayangpun mungkin tidak begitu dimengerti oleh anak-anak tersebut.

Akibat mahalnya air bersih, warga tentu saja harus menghemat pemakaian air yang lambat laun bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan ada anak yang mengatakan bahwa mereka hanya mencuci rambut seminggu sekali.

Selain diajarkan pentingnya kebersihan diri dan lingkungan, anak-anak juga diberikan stiker cuci tangan yang dipantau oleh wali kelas masing-masing selama 21 hari ke depan. Dompet Dhuafa juga menghadiahkan buku tulis dan pulpen yang disambut gembira oleh anak-anak. Diharapkan penyuluhan yang diberikan dalam 2 sesi untuk Kelas 1-3 dan Kelas 4-6 ini, dapat sedikit memperbaiki pola pikir dan kebiasaan anak-anak mengenai kebersihan dan kesehatan.

Dalam acara ini YPAPK juga membawa Mobil Wahana Edukasi Keliling (WELI) yang diparkir di depan Masjid, karena tidak bisa masuk ke area sekolah yang berada di gang sempit. Anak-anak terlihat antusias membaca buku-buku edukasi yang disediakan, namun tetap terlihat tertib karena mereka menumpang baca di masjid. Begitu besarnya keinginan mereka untuk belajar, juga begitu besarnya semangat para pendidik untuk menjadikan anak-anak didik mereka sukses dan maju. Ini terlihat dari penampilan drum band mereka yang tetap keren meski di gang sempit.

 

Berita Lainnya
news
Kesehatan
28-05-2020
Di Tengah Pandemi, Donor Darah YPP & PMI Kumpulkan 5.263 Kantong Darah
Selengkapnya
news
Kesehatan
26-05-2020
Kisah Fauzi, Bocah 5 Th Berjuang Jalani Operasi Hirschprung Agar Dapat BAB Normal
Selengkapnya
news
Kesehatan
20-02-2020
YPP, AO Care, Perdami dan RS EMC Sentul Gelar Operasi Katarak Massal
Selengkapnya