detail news
Lingkungan
01-09-2024

Bantuan Laptop dan Printer untuk SD di Kalimantan Utara

Pada tanggal 5 Januari 2024, YPP Indosiar SCTV memberikan bantuan donasi berupa 5 unit laptop dan 1 unit printer kepada Ibu Guru Zuliawati Ningsih di SDN 004 Malinau. Program ini merupakan bagian dari program Pahlawan Perbatasan dan Bu Zuliawati terpilih sebagai Pahlawan Perbatasan Kaltara-Malaysia.

Berprofesi sebagai guru di Kalimantan selama 18 tahun. Sebelumnya ia pernah mengabdi sebagai guru honorer di SD Brangkal 2, Bandar Kedung Mulyo, Jombang. Kemudian pindah sebagai guru kelas 1 SDN 001 Sungai Boh yang lokasinya cukup terisolir. Akses ke Sungai Boh harus dengan pesawat kecil dan dilanjutkan dengan perahu, desa ini juga masih belum mendapatkan pasokan listrik yang memadai. Karena sempat terjadi musibah kebakaran, Bu Zuliawati pun dimutasikan ke Malinau dan menjadi guru kelas 1 di SDN 004 Malinau dari 2016 hingga sekarang.

Selama menjadi guru di Kalimantan, beliau memiliki keprihatinan terhadap kemampuan dan kualitas pengajaran dan pelajaran murid-muridnya. Bahkan beliau memperhatikan bahwa tidak sedikit anak-anak hingga SMA yang masih belum bisa membaca dengan fasih. Itu pun juga karena faktor orang tua atau keluarga yang juga tidak bersekolah atau kurang peduli pada pendidikan. Akhirnya beliau pun suka memberikan pelajaran tambahan ke rumah-rumah khususnya murid-murid didiknya.

Kesulitan beliau hadapi, bersama rekan-rekan guru lainnya, adalah minimnya fasilitas pendukung untuk para guru. Mereka dituntut untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar dengan kurikulum yang berlaku dan sistem kepegawaian dengan kebutuhan elektronik seperti laptop dan printer belum ada atau pun tidak cukup. Bantuan dari Dinas pun terbatas dan tidak semua sekolah mendapatkannya. Untuk pergi ke Toko Elektronik, para guru juga harus menempuh perjalanan ke Tarakan dengan speedboat selama 3-4 jam dengan membayar tiket pulan-pergi sebesar 600 ribu rupiah yang sangat memberatkan.

Dengan adanya bantuan YPP ini, sekarang mereka bisa mencetak peraga atau instrument dengan lebih cepat, efisien, dan efektif. Bu Zuliawati pun menghibahkan 4 laptop dan 1 printer kepada SDN 004 Malinau, agar semua rekan-rekannya bisa memakai bantuan tersebut untuk kegiatan mengajar demi kualitas pendidikan anak didik mereka.

 

 

Berita Lainnya
news
Lingkungan
19-02-2024
Berbagi Sembako di Muara Angke, Jakarta Utara
Selengkapnya
news
Lingkungan
08-01-2024
Bantuan Untuk Warga Terdampak Puting Beliung di Jawa Barat
Selengkapnya
news
Lingkungan
05-01-2024
Berbagi Sembako Kepada Legiun Veteran Republik Indonesia
Selengkapnya