detail news
Bencana
07-03-2020

10 Ribu Paket Sembako Emtek Peduli Corona Salurkan Melalui Mitra Bukalapak Di Wilayah Jabodetabek

Emtek Peduli Corona melalui Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih terus mendistribusikan donasi pemirsa SCTV, Indosiar, O Channel, pengunjung portal berita Liputan 6.com, pengunjung dan subscriber Vidio.com, peserta Serbu Seru Bukalapak melalui pemberian 10.000 Paket Sembako bekerjasama dengan Mitra Bukalapak. Kegiatan yang dilakukan sejak 15 Juni sampai dengan 30 Juni 2020, menyasar warga masyarakat tidak mampu dengan menggunakan jalur distribusi warung-warung kecil yang bergabung dalam komunitas Mitra Bukalapak (Mitra BL) di Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Total ada 50 Warung Mitra Bukalapak yang menyalurkan paket Sembako berisikan 5 Kg Beras, 1 Kg Gula pasir, Tepung Terigu 1 kg, Minyak Goreng 1 Liter.

Distribusi paket sembako melalui Mitra BL kali ini merupakan distribusi yang ketiga kalinya sejak Pandemi Covid 19 menyebar. Distribusi kali ini merupakan yang kedua kalinya setelah dilakukan pada bulan Mei 2020 dengan jumlah yang sama yaitu 10 ribu paket sembako dibagikan ke seantero Jabodetabek. Sehingga total dalam dua kali distribusi ini Program Emtek Peduli Corona telah membagikan 20 ribu Paket Sembako melalui Mitra BL. Itu masih belum termasuk paket-paket sembako yang didistribusikan Emtek Peduli Corona melalui Tim YPP yang kerjasama dengan lembaga-lembaga lain seperti Kementerian, Polri, TNI dan sebagainya.

Dalam kegiatan paket sembako Emtek Peduli Corona bekerjasama dengan Mitra BL ini, kepada setiap warung Mitra BL dititipkan 200 paket sembako. Fokus pendistribusian diutamakan kepada masyarakat di sekitar warung yang membutuhkan karena terdampakPandemi Covid 19 ini secara langsung atau tidak langsung. Mereka antara lain seperti buruh harian yg terkena PHK, pekerja informal, penjual makanan keliling, ojek online, tukang sampah, pemulung, para lansia janda. 

Agar mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), distribusi paket sembako dilakukan dalam 3 periode penyaluran: Periode I, 15 sd 22 Juni; Periode 2. 20 sd 27 Juni dan Periode 3. 25 sd 30 Juni. Dalam penyerahannya kepada warga dibuat aturan sebagai ikhtiar pencegahan penularan Covid 19 dan memperkecil potensi gesekan horisontal antar warga atau dengan pengurus RT/RW setempat. Upaya itu melalui kerjasama dengan warung Mitra BL dan pengurus RT setempat yang menyeleksi warga calon penerima, karena warga hanya berhak mendapatkan 1 buah kupon sembako untuk ditukarkan dengan Sembako. Pada saat pengambilan sembako di warung Mitra BL, warga wajib membawa dan menyerahkan Kupon ke warung Mitra BL sambil menunjukan KTP Asli. Pengambilan ini tidak bisa diwakilkan. Sebelum menyerahkan sembako, pemilik warung Mitra BL akan melakukan verifikasi dan mencocokkan dengan data warga dalam daftar penerima bantuan untuk selanjutnya diinput data dengan aplikasi Bukalapak. Kepada warga juga sudah disampaikan jadwal pengambilan sembako di warung Mitra BL terdekat dan ketersediaan paket sembako yang sesuai dengan Voucher yang diberikan, sehingga mereka tidak perlu berkerumun. 

Pandemi ini kemungkinan masih panjang. Masih banyak saudara kita yang membutuhkan. Donasikan terus rezeki anda melalui rekening Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih atau melalui aplikasi Doku di link ini:

 
     
 
     
 
     
 

 

Berita Lainnya
news
Bencana
15-01-2024
Penyerahan Rumah Tahan Gempa Kepada Warga Terdampak Gempa Bumi di Cianjur
Selengkapnya
news
Bencana
19-10-2023
Bantuan Mebeulair Untuk SD yang Terdampak Gempa Cianjur Tahun 2022
Selengkapnya
news
Bencana
19-10-2023
Penyerahan Bantuan Rumah Untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur
Selengkapnya