detail news
Health
05-04-2018

YPP Berpartisipasi Dalam Multilateral Naval Exercise Komodo 2018

Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) digandeng oleh TNI AL untuk ikut berperan serta dalam kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018. Ini merupakan kegiatan untuk menguatkan kerjasaman antar negara untuk menangani bencana dan bantuan kemanusiaan. Tahun ini diselenggarakan di Bali dan Lombok, NTB.

MNEK 2018 dipusatkan di Lombok, NTB dan Nusa Penida, Bali pada 4-9 Mei. MNEK merupakan kegiatan dwi tahunan latihan bersama angkatan laut berbagai negara. Sebanyak 36 negara mengikuti MNEK dengan pengerahan 15 kapal serta 36 kapal perang TNI AL, 11 pesawat angkut dan tempur, serta lebih kurang diikuti 5.500 prajurit.

Di dalam kegiatan MNEK, YPP berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial kesehatan dalam rangka medical civic action project (MEDCAP) untuk masyarakat di Bali dan Lombok. Di Bali, kegiatan Medcap berlokasi di Desa Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung pada 3-5 mei 2018 yang diresmikan pembukaannya oleh Kadiskes Armatim Kolonel Laut (K) dr. Andi Abdullah, Sp.OT.

Selama tiga hari kegiatan MEDCAP dalam rangka MNE ini dilaksanakan, masyarakat setempat memperoleh pelayanan pengobatan umum, gigi dan operasi katarak. Untuk kegiatan operasi katarak TNI AL dan YPP bekerjasama dengan tim medis RS Mata Bali Mandara. Selain itu masyarakat juga mendapatkan pelayanan poli bedah, poli tht, poli penyakit dalam dan bedah minor. Total pasien selama kegiatan 3 hari tersebut tercatat, pasien poli umum 221 pasien, katarak 16 pasien, poli mata 244 pasien, poli gigi 15 pasien, bedah minor 15 pasien, poli tht 11 pasien. poli anak 6 pasien, poli syaraf 2 pasien.

Selain kegiatan baksos, TNI AL juga menyelenggarakan kegiatan Safari Pers yaitu memperkenalkan TNI AL lebih dekat kepada para siswa SMA/SMK Nusa Penida. Kegiatan MEDCAP MNE selama tiga hari di Nusa Penida, ditutup oleh Kolonel Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa, SE. Komandan Pangkalan TNI AL/LANAL Denpasar.

Sementara itu, kegiatan MEDCAP di wilayah Lombok, diselenggarakan berlokasi di pelabuhan carik dan di atas KRI RS dr. Soeharso pada 6 sd 7 Mei 2018. Jumlah pasien tercatat total 155 pasien untuk pasien katarak, khitan, dan klinik gigi. 
YPP bekerjasama dengan TNI AL agar dapat menyentuh masyarakat lebih luas dan lebih banyak di wilayah-wilayah terpencil dan terdepan. Donasi pemirsa SCTV dan Indosiar memungkinkan hal itu diwujudkan. Karena Kepedulian Kita Harapan Mereka.

Berita Lainnya
news
Kesehatan
01-04-2024
Donor Darah Ramadhan 1445 H di Malang
Selengkapnya
news
Kesehatan
01-04-2024
Donor Darah Ramadhan 1445 H di Surabaya
Selengkapnya
news
Kesehatan
25-03-2024
Donor Darah Ramadhan 1445 H di Jakarta
Selengkapnya