detail news
Health
01-15-2024

Operasi Katarak Gratis di Toraja

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, bekerja sama dengan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) SCTV Indosiar, mengadakan Program BNI Berbagi untuk operasi katarak di empat lokasi di Indonesia Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat mengembalikan gangguan penglihatan sehingga dapat beraktivitas secara normal.  Operasi katarak merupakan salah satu wujud nyata komitmen BNI terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan upaya menurunkan angka kebutaan akibat katarak di Indonesia. 

Operasi Katarakan gratis bertempat di Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara. Terdapat 35 pasien yang dioperasi pada tanggal 13-14 Januari 2024. Screening dilakukan kepada 90 pasien. Terjaring 52 yang dinyatakan katarak. Namun pada saat jadwal operasi katarak hanya datang 35 orang. 2 pasien lainnya meminta reschedule minggu depan karena sakit. Sedangkan 15 lainnya tidak merespon dan tidak bisa dihubungi. Dalam 1 minggu ke depan akan terus dikonfirmasi oleh petugas.

Toraja Utara merupakan lokasi ke empat pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak kerjasama YPP SCTV Indosiar dan BNI, setelah sebelumnya diselenggarakan di 3 lokasi lainnya, yaitu Sumbawa, Nusa Tenggara Barat; Jayapura, Papua; dan Namlea, Pulau Buru Maluku. Dari empat lokasi tersebut total pasien katarak berjumlah 358 orang.

Bakti Sosial Operasi Katarak bersama BNI juga bekerjasama dengan Perdami Sulawesi Selatan. Sebanyak 6 dokter spesialis mata dan 9 petugas lainnya dikerahkan untuk mendukung kegiatan sosial ini.

Dalam kegiatan ini hadir Bapak Sudirman NS, Pemimpin BNI Cabang Palopo; Dr. dr. Ahmad Ashraf, MPH, Sp.M(K), M.Kes, Perwakilan Perdami Sulawesi Selatan dan Manajeman RS. Elim Rantepao beserta jajaran.

 

Berita Lainnya
news
Kesehatan
01-04-2024
Donor Darah Ramadhan 1445 H di Malang
Selengkapnya
news
Kesehatan
01-04-2024
Donor Darah Ramadhan 1445 H di Surabaya
Selengkapnya
news
Kesehatan
25-03-2024
Donor Darah Ramadhan 1445 H di Jakarta
Selengkapnya