detail news
Health
09-14-2018

YPP - TNI AL Berikan Layanan Kesehatan di SBJ Sail Moyo Tambora 2018

KEBUTUHAN Masyarakat terhadap layanan kesehatan sangat tinggi. Sayangnya berbagai hal menjadi kendala untuk mendapatkannya: lokasi sulit dijangkau, kondisi ekonomi, fasilitas kesehatan yang minim. Layanan BPJS kesehatan yang disediakan pemerintahpun dalam penerapannya di lapangan masih banyak kendala. Salah satu solusi yang diberikan TNI AL, menyediakan pelayanan kesehatan untuk warga di pulau terpencil atau di wilayah terdepan NKRI setiapkali menggelar Sail Bhaskara Jaya. Menggunakan Kapal Rumah Sakit, KRI Dr Soeharso 990 para abdi bangsa ini memberikan berbagai pelayanan kesehatan dengan kelengkapan fasilitas setara Rumah Sakit di kapal tersebut. Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) telah bermitra sejak lama dengan TNI AL dan senantiasa berpartisipasi dalam kegiatan Sail Bhaskara Jaya, termasuk dalam SBJ Sail Moyo Tambora 2018.

Menggunakan KRI Dr. Soeharso 990, Tim Satgas SBJ bertolak dari pelabuhan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, ke Pulau Moyo, Sumbawa, NTB pada 5 september 2018. Setelah menempuh perjalanan laut sekitar 2 jam, KRI Dr. Soeharso akhirnya lego jangkar di perairan Pulau Moyo. Usai apel kelengkapan, Tim Satgas SBJ menggunakan kapal Landing Craft Utility (LCU) merapat ke darat untuk melakukan Bakti Sosial.

Destinasi pertama kegiatan ini adalah Desa Labuhanaji, Kec. Labuhan Badas. Dalam bakti sosial ini selama 5 - 6 September 2018, YPP mendukung kegiatan Khitan yang melayani 18 orang pasien khitan. Selain itu, Tim Medis Satgas SBJ juga melayani pengobatan umum, gigi, poli mata, orthopedi, poli kandungan, poli THT, bedah minor, dan bedah mulut.

SBJ Sail Moyo Tambora 2018 juga pelakukan pelayanan masyarakat meliputi penyuluhan di sejumlah sekolah. Ada juga Tim sarana dan prasarana, yang bertugas melakukan renovasi dan pembangunan faslitas umum meliputi pos pembantu dan Sekolah Dasar. Tim Satgas SBJ juga membantu pengadaan sembako bagi masyarakat dengan menyerahkan beberapa bingkisan sembako untuk masyarakat Pulau Moyo.

Menurut Dansatgas SBJ Sail Moyo Tambora 2018 Kolonel Laut (P) Kunto Tjahjono, kegiatan ini merupakan kegiatan reguler tahunan yang dilaksanakan TNI AL. Tahun ini digelar bersamaan dengan kegiatan Sail Moyo Tambora. Usai melaksanakan Bakti Sosial di lokasi pertama, Tim SBJ dan YPP bergerak ke titik kedua di Badas.

 

 

Berita Lainnya
news
Kesehatan
01-04-2024
Donor Darah Ramadhan 1445 H di Malang
Selengkapnya
news
Kesehatan
01-04-2024
Donor Darah Ramadhan 1445 H di Surabaya
Selengkapnya
news
Kesehatan
25-03-2024
Donor Darah Ramadhan 1445 H di Jakarta
Selengkapnya