detail news
Lingkungan
10-05-2018

Penyuluhan Stunting, Bahaya Pernikahan Dini, Bahaya Narkoba dan Pencegahan Kanker Serviks di Merauke, Papua

YPP memberikan dukungan penyuluhan di acara Puncak HUT ke-73 TNI di Lapangan Patung Yesus Kristus Bandara Mopah, Kab. Merauke, Papua. Acara penyuluhan yang dipandu oleh Kak Resha ini terdiri dari 4 sesi dengan tema stunting (Balita pendek) disampaikan Oleh Kpt Kes dr. Yuli, SpA dari RSAU Iswahyudi Madiun, Bahaya Pernikahan Dini disampaikan oleh Ibu Titik Kartiningsih, Bahaya Narkoba disampaikan oleh AKP Subur dari Satuan Reserse Narkoba Polres Merauke dan Pencegahan kanker serviks oleh dr. Toto Imam, SpOG dari RSPAD Gatot Subroto.

Dalam penyuluhan “Bahaya Pernikahan Dini” disampaikan bahwa Indonesia menempati rangking ke-37 dunia untuk pernikahan usia muda padahal pernikahan dini memiliki resiko antara lain kehamilan beresiko tinggi, belum siap menjalankan peran suami-istri, belum mampu mengasuh anak, kesulitan mencapai pendidikan tinggi dan ekonomi keluarga tidak tercukupi. Apabila perkawinan dilakukan jika wanita minimal berusia 20 tahun dan pria minimal 25 tahun, diharapkan mereka sudah cukup matang dalam berpikir dan bertanggung jawab, juga kemungkinan mengenyam pendidikan lebih tinggi, sehingga mampu mewujudkan keluarga yang bahagia dan sejahtera. Sementara dalam Penyuluhan Bahaya Narkoba disampaikan begitu banyaknya dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba, seperti imun tubuh rendah, cenderung bunuh diri, over-dosis, gangguan mental dan lainnya. Siswa-siswi SMA 1 Merauke terlihat sangat antusias mengikuti penyuluhan ini, ditambah lagi bagi yang aktif selama penyuluhan disediakan doorprize oleh Panitia.

Kegiatan bakti sosial ini dibuka oleh Kepala Staf Angkata Darat yang juga memberikan piagam penghargaan bagi YPP untuk kerja sama yang telah lama terjalin dengan baik.

Diharapkan kegiatan penyuluhan ini dapat membekas dan tertanam dengan baik pada anak-anak dan warga Merauke, sehingga dapat menjalani hidup dengan lebih baik dan meningkatkan derajat hidup mereka.

 

Berita Lainnya
news
Lingkungan
28-03-2024
Buka Bersama dan Pembagian Sembako Ramadhan 1445 H
Selengkapnya
news
Lingkungan
18-03-2024
Buka Puasa Bersama dan Pembagian Sembako di Balikpapan
Selengkapnya
news
Lingkungan
14-03-2024
Berbagi Sembako Ramadhan di Jakarta Barat
Selengkapnya