detail news
Kesehatan
05-29-2019

Jaga Persediaan Darah, YPP, PMI dan YMP Gelar Donor Darah di Gresik. Kumpulkan 519 Kantong Darah.

Minimnya persediaan darah di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri dapat membahayakan jiwa manusia. Palang Merah Indonesia (PMI) telah mengantisipasi kondisi tersebut dengan secara reguler melakukan kegiatan donor darah pada masa-masa kritis seperti saat bulan Ramadhan dan jelang Idul Fitri 1440 H ini. Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) memiliki keprihatinan yang sama dan menyambut gembira ajakan PMI, sehingga menjadikan kegiatan donor darah bulan Ramadhan sebagai agenda tahunan program kesehatan. Tahun 2019, YPP menggandeng Yayasan Metropolitan Peduli (YMP), bidang sosial dari PT Metropolitan Land, yang memasukkannya sebagai bagian dari program Kesetiakawanan Sosial Nasional (KSN) Kementerian Sosial RI.

Sebagai upaya menambah pasokan darah, YPP bekerjasama dengan PMI Kab. Gresik menggelar donor darah Ramadan "Meraih Berkah dengan Donor Darah" pada 27 Mei 2019 di kantor UTD Kab. Gresik. Kegiatan dimulai pukul 15.00 dan selesai pada 22.00 WIB yang dapat mengumpulkan 519 kantong darah dari 751 orang pendaftar. Mereka yang tidak lolos mendonorkan darahnya disebabkan berbagai hal, antara lain tingkat haemoglobin dan tekanan darah yang tidak memenuhi syarat.

Dalam kegiatan ini, Bupati Gresik, Sambari Halim ikut meninjau jalannya kegiatan didampingi oleh Pengurus PMI Jawa Timur, H. Soebagyo, SW; Ketua PMI Kab. Gresik, IR Muhammad Nadjib MM; Kepala UTD Kab. Gresik, dr. Jufrita Endrayana dan Kepala Stasiun Transmisi SCTV Surabaya Prihantono. Menurut Kepala PMI Kab. Gresik, IR Muhammad Nadjib MM kegiatan ini digelar untuk memperingati Hari Palang Merah Sedunia & Bulan Sabit Merah serta Hari Donor Darah Sedunia.

 

Berita Lainnya
news
Kesehatan
25-03-2024
Donor Darah Ramadhan 2024
Selengkapnya
news
Kesehatan
04-03-2024
Operasi Katarak Gratis di Bone
Selengkapnya
news
Kesehatan
15-01-2024
Operasi Katarak Gratis di Toraja
Selengkapnya