detail news
Kesehatan
09-14-2018

Di SBJ Sail Moyo Tambora YPP-TNI AL Tangani Bocah Tujuh Tahun Penderita Katarak Sejak Usia 4 Bulan (Part 2)

Pada 8 sd 10 September 2018, YPP dan TNI Angkatan Laut melanjutkan Bakti Sosial di lokasi kegiatan Surya Bhaskara Jaya (SBJ) Sail Moyo Tambora 2018 di Desa Badas, Kec. Labuhan Badas, Kab. Sumbawa Besar. Di lokasi ini, kegiatan khitan dan operasi katarak dilaksanakan di Kapal Rumah Sakit, KRI dr, Soeharso.

Dari sejumlah pasien katarak yang hari itu ditangani Tim Medis TNI AL, 'terselip' seorang bocah bernama Khairul Akbar (7 tahun) yang sudah mengidap katarak sejak usia 4 bulan. Kehadiran KRI dr. Soeharso dan adanya pelayanan operasi katarak oleh YPP - TNI AL menerbitkan harapan bocah ini untuk mengobati matanya.

Ditemani sang nenek, Fatimah, Kahirul memeriksakan matanya. Usai menjalani proses screening oleh dokter mata untuk mengetahui kondisi kesehatan dan kesiapan fisiknya, Khairul pun menjalani operasi. Harapan Fatimah, cucunya ini dapat sembuh dari katarak dan melihat dengan normal.

Di antara kegiatan pelayanan kesehatan, Panglima Armada II Laksamana Muda Didik Setiyono S.E, M.M meninjau kegiatan dan menyapa para pasien. Menurut Pangarmada II, SBJ merupakan program tahunan yang dilaksanakan TNI AL sebagai bentuk pengabdian TNI AL kepada masyarakat dalam rangka membantu kesehatan masyarakat. Dalam kegiatan di lokasi kedua ini 8 -10 September 2018, Tim medis SBJ telah melayani 37 pasien katarak dan 78 khitan.

 

Berita Lainnya
news
Kesehatan
25-03-2024
Donor Darah Ramadhan 2024
Selengkapnya
news
Kesehatan
04-03-2024
Operasi Katarak Gratis di Bone
Selengkapnya
news
Kesehatan
15-01-2024
Operasi Katarak Gratis di Toraja
Selengkapnya